Cara Memasukkan Suara ke Adobe Animate / Flash (Impor Audio)


Halo subscriber. Kemarin kita sudah mempelajari bagaimana caranya membuat animasi dasar, dan menerapkannya dalam media interaktif. Kamu yang belum menonton video tutorial itu, bisa langsung nonton sekarang atau setelah menonton video ini. Sekarang di video tutorial ini, saya akan mengajari kalian bagaimana cara memasukkan suara atau audio ke adobe animate atau flash. Suara atau audio bisa menjadi hal yang berguna dalam media interaktif karena dapat membuatnya menjadi menarik. Suara juga diperlukan dalam animasi, terutama animasi percakapan atau berbicara. Untuk animasi berbicara, tidak akan kita pelajari di video ini. Mungkin di video tutorial selanjutnya.

Yang kita pelajari di video ini adalah cara memasukkan suara ke adobe animate. Dan cara menggunakan suara dalam media interaktif.

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan audio yang akan kita gunakan. Usahakan format audio yang kita punya adalah wav. Jika kamu punya mp3, mungkin kamu perlu mengubahnya menjadi wav karena kadang bisa kadang tidak. Caranya mudah. Tinggal cari mp3 to wav di google. Kemudian di sana ada converternya. Saya tidak jelaskan di sini karena itu mudah.

Selanjutnya kita buka adobe animate. Kita buat layer. Dan namai layer tersebut menjadi audio. Atau suara. Atau terserah. Yang penting ingat. Di sini saya ganti menjadi suara. Kemudian, kita pergi ke library dengan cara klik library. Cari file audio yang kita butuhkan. Kemudian seret ke library. Pastikan layer suara sudah kita klik. Kemudian kita tinggal seret audio tadi ke stage. Kita tekan enter. Belum bunyi. Karena kita perlu frame lebih banyak. Mungkin sepuluh sudah cukup karena ini suara pendek. Klik kanan pada frame 10, kemudian insert frame. Sekarang tekan enter. Sudah bunyi.

Kita juga bisa memindah suara ini biar cocok. Seleksi, kemudian seret ke tempat yang kita inginkan.

Jadi begitu cara memasukkan suara ke adobe animate. Kita bisa memasukkan efek suara buat animasi.

Selanjutnya, kita akan mempelajari bagaimana menggunakan suara pada media interaktif di adobe animate. Ini adalah projek media interaktif yang pernah kita pelajari di channel ini. Kalau kamu belum nonton bagaimana cara membuatnya, kamu bisa tonton sekarang dengan klik link di deskripsi.

Oke. Sekarang kita masukkan musik dulu. Kemudian kita masukkan efek suara buat tombol dan animasi.

Sebelumnya kita perlu memindah semua layer ke sebuah movie clip. Caranya, seleksi semua layer, lalu cut. Kita buat movie clip dengan cara klik menu insert, pilih symbol. Ubah namanya menjadi media interaktif. Jangan lupa tipenya ganti menjadi movie clip. Klik oke. Klik kanan di sini lalu pilih paste.

Kita kembali ke scene 1. Kita seret media interaktif dari library ke stage. Kita tentukan posisinya.

Sekarang saatnya memasukkan musik. Kita buat layer baru. Beri nama musik. Seret musik yang sudah kita siapkan ke stage.

Kita coba jalankan dengan menekan ctrl+enter. Sudah ada musiknya. Sekarang kita kasih suara pada tombolnya.

Kita klik dua kali buat masuk ke movie clip media interaktif. Lalu kita klik dua kali pada tombol 1 buat masuk ke sana.

Di sini kita buat layer baru. Bisa kita kasih nama suara. Kita buat keyframe pada frame down. Kemudian kita seret suara ke stage.

Coba jalankan. Ketika kita klik, sudah muncul bunyi. Selanjutnya kita lakukan hal yang sama pada tombol yang lain.

Terima kasih sudah menonton tutorial ini. Jangan lupa subscribe karena masih ada video tutorial lain yang akan saya upload di channel ini. Mungkin tutorial membuat animasi berbicara. Pokoknya subscribe. Sampai jumpa.

Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  2. Cara Memasukkan Suara Ke Adobe Animate / Flash (Impor Audio) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Memasukkan Suara Ke Adobe Animate / Flash (Impor Audio) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Memasukkan Suara Ke Adobe Animate / Flash (Impor Audio) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Cr

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts