Tutorial Teknik Animasi Adobe Animate / Flash : Classic Tween dan Shape Tween

 Btw, sebelum baca, saya menekankan bahwa ini adalah narasi yang saya tulis buat video tutorial saya. Jadi jangan kaget kalau ada bau-bau YouTube di sini. Alasan saya posting di sini adalah biar banyak yang klik. Kan jadi banyak keyword. Saya akui kalau cuma baca ini tidak cukup. Jadi tonton saja ya videonya. Di bawah ini.



Halo subscriber. Yuk kita belajar teknik dasar animasi pada adobe animate atau adobe flash.

Yang kita pelajari hari ini adalah dua teknik yang sangat berguna dan sering digunakan mulai dari animasi sederhana hingga animasi advance. Pokoknya yang mau belajar adobe flash atau adobe animate harus ngerti teknik ini dulu. Penting pokoknya. Tapi jangan takut. Teknik ini mudah kok. Asalkan kamu mau mencoba dan menonton video tutorial ini sampai selesai. Yuk kita mulai tutorialnya.

Sebelum dimulai, kamu yang belum subscribe bisa tekan tombol subscribe ya. Kamu juga bisa menyalakan lonceng biar tidak melewatkan video saya selanjutnya. Lalu like video ini.

Sudah? Kalau sudah mari kita mulai.

Teknik pertama yang kita pelajari adalah classic tween. Dengan teknik ini kita dapat menganimasikan:
1.    Perpindahan dari satu tempat ke tempat lain.
2.    Perubahan ukuran dari kecil ke besar atau sebaliknya.
3.    Animasi rotasi atau putaran.
4.    Perubahan kemiringan.
5.    Perubahan transparansi.

Tanpa berlama-lama, mari kita mencoba menggunakan teknik ini. Kita akan menggerakkan objek dari suatu tempat ke tempat yang lain. Pokoknya menggerakkan.


Untuk objeknya, kita bikin sebuah lingkaran. Terserah kalian mau bikin apa. Aku suka lingkaran. Saya menekan shortcut O untuk mengaktifkan oval tool. Kamu juga bisa klik di sini. Selanjutnya, saya buat lingkaran. Saya menekan tombol shift biar lingkarannya presisi.


Setelah itu gunakan selection tool dengan menekan shortcut V. Sesuaikan lokasi awal di mana lingkaran berada.
Selanjutnya, kita gerakkan. Caranya kita tentukan dulu di frame berapa lingkaran ini berpindah. Saya memilih 20. Di frame 20, klik kanan lalu pilih insert keyframe. Sudah?

Karena niat kita adalah untuk menggerakkan lingkaran ini, maka kita pasang classic tween. Caranya klik kanan di anatara kedua keyframe. Di sini. Lalu pilih create classic tween. Kita tekan enter buat memainkan animasi. Belum bergerak. Iya lah. Kan belum ditentukan ke mana dia bergerak. Untuk itu kita tentukan sekarang. Bisa ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri, atau terserah kamu mau ke mana. Asal jangan ke pangkuan mantan.

Caranya kita klik keyframe akhir. Di sini frame 20. Ini adalah keyframe di mana lingkaran berhenti bergerak. Setelah diklik, kita gunakan selection tool atau dengan menekan shortcut V untuk memindah lingkaran. Di sini saya pindah ke sini ya. Kalau kamu terserah mau dipindah ke mana. Lalu kita tekan enter untuk memainkan animasi. Hore. Sudah bergerak.
Kita juga bisa mempercepat dan memperlambat animasinya loh. Kita percepat dulu ya. Caranya, kita klik akhir frame. Di sini frame 20. Lalu kita seret ke depan. Di sini saya seret sampai frame 10. Lalu kita coba mainkan. Tekan enter. Sudah lebih cepat. Kalau mau lebih cepat lagi seret lebih jauh. Contohnya frame 5. Kalau mau lebih lambat bisa ditarik ke kanan. Contohnya ke frame 30. Sip. Sudah jadi.

Seperti yang saya bilang tadi, dengan teknik classic tween, kita juga bisa mengubah ukuran. Caranya seperti tadi. Kita langsung klik keyframe akhir. Di sini 30 ya. Lalu dengan menggunakan transform tool atau dengan menekan shortcut Q, kita perbesar atau perkecil lingkaran. Biar pesisi, kita bisa menekan tombol shift. Kita juga bisa mempercepat atau memperlambat seperti tadi. Kalau kita merasa awalannya kurang kecil, kita bisa memperkecil. Kita pergi ke frame awal. Di sini frame 1. Menggunakan transform tool atau shortcut Q, kita perkecil. Biar presisis, kita bisa menekan shift.

Seperti yang saya bilang tadi, dengan teknik classic tween, kita juga bisa membuat animasi rotas. Caranya sama kok. Masih dengan shortcut Q atau transform tool, kita klik keyframe awal atau akhir. Di sini saya klik frame awal yaitu frame 1. Selanjutnya kita putar menggunakan transform tool seperti ini. Kita jalankan animasinya. Sip.

Seperti yang saya bilang tadi, teknik ini juga bisa mengubah kemiringan. Caranya hamir sama kok. Kita tinggal menggunakan transform tool atau dengan menekan shortcut Q. Lalu pada ujung ini kita tarik. Kita juga bisa menggunakan sumbu bawah dengan menekan Alt. Kita tekan enter untuk memutar. Kira-kira seperti ini.

Seperti yang saya bilang tadi, teknik ini juga bisa digunakan untuk menganimasikan transparansi. Caranya hampir sama kok. Kita tinggal klik pada keyframe. Bisa di awal bisa di akhir. Salah satu saja. Di sini saya klik yang akhir ya. Eh awal saja deh. Di frame satu ya. Setelah itu klik objek yang mau kita animasikan. Di sini objeknya adalah lingkaran. Setelah itu, kita pergi ke properties. Pada color effect, di situ ada style. Nah, di sini kita ganti menjadi alpha. Biar transparan, kita kurangi. Di sini saya kasih nol ya. Biar nggak kelihatan sama sekali. Seperti ini. Kalau kamu sih terserah. Bukan urusan saya.

Lalu kita enter buat menjalankan. Dari tiada menjadi ada. Wah. Ini namanya transisi fade in. Kalau kebalikannya juga bisa loh. Bedanya yang nol persen adalah yang keyframe akhir. Bagus kan.

Selain transparansi, kita juga bisa mengatur yang lain loh. Seperti kecerahan dan warna.

Kita lanjut saja ya. Ke teknik selanjutnya. Yaitu teknik shape tween. Seperti namanya, teknik ini memiliki fungsi menganimasikan bentuk. Bukan Cuma itu. Kita juga bisa menganimasikan warnanya. Kita tutup dulu ya. Dan kita buat baru.
Saya kasih contoh seperti ini. Saya akan membuat sebuah persegi. Lalu saya akan menganimasikan persegi ini biar berubah menjadi lingkaran. Warnanya juga akan saya rubah. Yuk kita mulai.

Pada frame pertama, kita bikin sebuah persegi. Tekan R untuk mengaktifkan rectangle tool. Atau kamu juga bisa mengaktifkannya dengan klik ikon ini. Seperti membuat lingkaran tadi, kita seperti ini. Kalau mau presisi, tekan shift. Kalau pengen nggak presisi juga boleh.

Kita bisa langsung klik kanan pada awal frame atau di sini frame 1. Lalu pilih create shape tween. Selanjutnya, kita tentukan keyframe akhir. Di sini saya memilih 30. Frame akhir itu artinya di mana animasi berhenti berjalan. Pada frame 30, kita klik kanan dan pilih insert keyframe. Sudah.

Kita mau persegi ini berubah menjadi lingkaran. Jadi kita singkirkan persegi ini dengan cara klik menggunakan selection tool atau dengan menekan shortcut V. Setelah itu tekan delete pada keyboard. Setelah itu kita membuat sebuah lingkaran. Caranya dengan menekan shortcut O atau dengan ikon tool oval ini. Lalu kita bentuk lingkarannya. Kita tekan enter. Sudah selesai. Kita tekan enter untuk menjalankan animasi. Kita juga bisa loh menganimasikan warnanya. Caranya sama kok. Kita klik keyframe. Bisa di awal bisa di akhir. Di sini saya milih keyframe akhir ya. Atau 30. Lalu kita klik objeknya menggunakan selection tool. Di sini objeknya lingkaran ya. Lalu kita pergi ke properties. Pada fill and stroke, kita bisa menentukan warnanya. Di sini kita bisa memilih warna sesuka kita. Bisa tidak ada warna yang kita mau, klik ini. Tentukan warna yang kamu mau. Lalu oke. Kita jalankan animasinya dengan menekan enter.

Lalu bagaimana kita menggunakan teknik ini untuk membuat animasi yang bagus? Di sini saya akan menunjukkan kalian beberapa contoh animasi yang menggunakan kedua teknik  ini. Di video ini saya tidak akan mengajari kalian cara bikinnya ya. Cuma menunjukkan saja. Biar kalian punya gambaran bagaimana animasi ini dibuat. Untuk kamu yang ingin diajari, tinggalkan komen di bawah dan saya akan membuat tutorial animasi seperti ini.

Yang pertama ini adalah animasi yang saya buat. Animasi ini muncul di video saya di channel ini, tentang fotografi. Kalian bisa menontonnya. Klik link di deskripsi atau klik kartu di atas. Pada animasi ini saya membuat ilustrasi bagaimana kamera bekerja. Saya membuat kamera yang berputar seperti ini. Sudut pandang dari depan berubah menjadi dari samping. Membuat ilusi psudo 3d, atau 3d palsu. Karena saya hanya menggunakan dua teknik tadi. Classic tween dan shape tween. Mari kita bedah animasinya.

Di sini kita bisa melihat, lensa yang memutar, sebenarnya hanya lingkaran yang saya animasikan menjadi tipis seperti ini. Saya menggunakan shape tween. Karena hanya mengubah ukurannya, sebenarnya saya juga bisa menggunakan classic tween. Pada tubuh kamera saya juga menggunakan shape tween dan classic tween.
Kita langsung lihat contoh animasi yang lain ya.

Yang ini animasinya lebih kompleks. Dan ini bukan saya yang bikin. Ini adalah contoh animasi bawaan dari adobe animate cc 2019. Kita bisa melihat kakek yang joget seperti ini. Sebenarnya ini juga menggunakan teknik yang tadi. Coba kita lihat tangannya. Ini menggunakan classic tween. Kepalanya juga. Sementara lengannya, menggunakan shape tween. Karana merupakan animasi perubahan bentuk.

Sudah selesai tutorialnya. Jangan lupa subscribe ya. Like video ini. Btw, saya juga bikin tutorial membuat media interaktif loh. Klik di sini buat nonton tutorialnya. Terima kasih sudah menonton.
Di video selanjutnya saya mau bikin tutorial symbol pada adobe animate atau flash. Jadi subscribe dan nyalakan loncengnya biar nggak ketinggalan.

Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  2. Untuk seputar Outing Bandung yang murah ya https://javaorganizer.co.id Jagonya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts