Tutorial Pergerakan Kamera di Adobe Animate



Kita bisa melakukan pergerakan kamera pada animasi yang kita buat di Adobe Animate. Di video ini kita akan belajar beberapa teknik pergerakan kamera, di antaranya:
  1. Zoom
  2. Pan
  3. Tilt
  4. Dolly
 Zoom adalah pergerakan kamera di mana sudut pandang lensa dipersempit sehingga objek yang jauh bisa terlihat menjadi besar. Kita bisa melakukan zoom di adobe animate dengan cara menggunakan fitur camera di adobe animate.

Pan adalah pergerakan kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Posisi kamera tetap di tempat, kemiringannya saja yang berubah. Kita juga bisa menggunakan fitur camera di adobe animate untuk melakukan teknik ini.

Tilt adalah pergerakan kamera dari bawah ke atas  atau sebaliknya. Posisi kamera tetap di tempat, kemiringannya saja yang berubah. Kita juga bisa menggunakan fitur ini di adobe animate.

Dolly adalah pergerakan kamera maju atau mundur. Berbeda dengan zoom, kameranya ikut bergerak maju atau mundur. Perbedaan yang paling terlihat pada hasil gambarnya adalah: objek yang paling dekat dengan kamera akan membesar lebih cepat dari objek-objek di belakangnya.

Cara menggunakan fitur camera di adobe animate:

 Untuk menggunakan fitur kamera di adobe animate, kamu bisa mengaktifkannya dengan cara klik icon Add Camera yang berada di timeline. Kemudian muncul layer baru yang bernama kamera. Kamu bisa menganimasikan kamera ini dengan classic tween atau motion tween seperti layer biasanya.

Dengan camera tool, kamu bisa menemukan slider di workspace yang bisa kamu seret buat mengatur zooming (Perbesaran) dan tilt (Kemiringan).


Cara melakukan pergerakan kamera dolly di Adobe Animate:

Kita tidak akan menggunakan fitur camera untuk membuat animasi pergerakan kamera dolly. Pertama-tama, kita perlu memisahkan objek ke layer yang berbeda. Taruh objek yang paling dekat dengan kamera ke layer paling atas, dilanjutkan ke objek di belakangnya. Pemisahan layer bertujuan untuk mempermudah animasi, di mana objek paling dekat dengan kamera akan lebih cepat perubahan ukurannya.

Animasikan masing-masing layer menggunakan classic tween. Dimulai dengan layer paling atas. Perubahan ukuran pada layer paling atas harus lebih besar dari layer di bawahnya.

Download File Latihan Pergerakan Kamera dalam Animasi Air Terjun:
Kamu bisa mempelajari teknik dolly di adobe animate dengan download file .fla di sini.

Comments

Popular Posts