Tutorial Mudah Character Rigging di Blender Grease Pencil Tanpa Bone

 Halo Subscriber! Ini adalah karakter animasi yang sudah saya buat di video sebelumnya. Kamu bisa menonton video tutorialnya di link yang sudah saya taruh di sini. Kalau kamu baru belajar Blender Grease Pencil, kamu bisa mempelajari tutorial dasar yang sudah saya buat di channel ini. Link juga sudah saya taruh di sini.



Sekarang di video ini saya akan membuat ringging buat karakter animasi ini biar nanti kita bisa menganimasikannya dengan mudah. Ini adalah tutorial dasar yang sangat mudah karena kita tidak menggunakan bone atau tulang. Lalu bagaimana caranya? Nanti kita akan menggunakan fitur parenting. Ini adalah fitur yang juga ada di Adobe Animate. Kalau kamu menggunakan Adobe Animate, kamu bisa mempelajari tutorialnya yang juga ada di channel ini. Link ada di sini.


Langsung saja kita mulai tutorialnya. Di sini saya punya gambar karakter yang masing-masing potongan tubuhnya merupakan objek grease pencil.


Kalau kita klik objeknya pada object mode, kita bisa lihat ada titik oranye di sini. Ini adalah titik rotasinya. Artinya ketika kita putar objeknya dengan cara menekan R di keyboard, dia akan berputar pada titik oranye ini. Kita mau perputaran objeknya berada di tempat yang kita inginkan. Jadi kita perlu memindah titiknya.


Caranya, kita klik objeknya. Kemudian kita pindah titiknya di tempat yang kita inginkan. Kita tekan G di keyboard lalu kita geser di sini. Saya pindah di sini karena saya mau nanti kepalanya dapat diputar dengan titik putar di sini. Kalau sudah, lokasi kepalanya berada di tempat yang salah. Jadi kita harus memperbaikinya. Caranya, kita pergi ke edit mode. Kemudian, kita tekan A di keyboard buat menyeleksi semuanya. Kita tekan G dan kita pindah ke tempat semula. Kalau sudah, kita kembali lagi ke object mode.


Selanjutnya kita bisa melakukan hal yang sama pada bagian-bagian tubuh yang lain.


Sekarang semua objek sudah punya titik rotasi yang benar. Kalau begitu kita siap buat melakukan parenting pada setiap objek yang kita punya. Object Parenting fungsinya untuk menghubungkan objek yang satu dengan yang lainnya. Artinya kalau objek parent kita gerakkan atau kita putar, anak objeknya akan mengikuti. Biar tidak bingung, langsung saja kita praktikkan.


Di sini saya punya objek lengan bawah. Lengan ini akan saya sambungkan dengan lengan atas. Lengan atas ini nantinya akan jadi parentnya karena saya mau nanti kalau lengan atas saya pindah dan saya putar, lengan bawah akan menempel mengikuti.


Yuk kita mulai. Klik lengan bawah terlebih dahulu. Sambil menekan shift di keyboard, klik juga lengan atas. Ingat, yang jadi parent kita klik terakhir. Kalau sudah kita seleksi kedua objek, kita tekan ctrl + P di keyboard. Pilih object. Dengan begitu kedua objek sudah tersambung.


Selanjutnya lengan yang satunya juga kita sambungkan. Kalau sudah, kita sambungkan lengan atas ke objek tubuh. Karena saya mau objek tubuh menjadi akarnya. Semua objek tersambung ke tubuh.


Kita bisa mencoba memutar objeknya buat memastikan sambungannya sudah benar. Kita bisa lihat di sini ketika saya putar lengan atas, yang bawah akan mengikuti. Kalau sudah kita sambungkan semua objek yang belum kita parent.


Saya akan menggambar lingkaran di setiap sambungan biar nanti ketika kita putar bentuknya tetap bagus. Ini tidak wajib. Jadi kamu bisa lewati langkah ini kalau mau.


Saya mulai di objek lengan ini dulu, ya. Saya geser ke sini terlebih dahulu. Saya bikin material baru berdasarkan material kulit. Jadi saya klik material properties, lalu saya klik plus buat menambahkan. Saya klik di sini lalu saya pilih kulit. Klik di sini biar kita punya dua material. Kita hapus centang di stroke karena kita tidak memerlukan garis tepinya. Kalau sudah kita ke draw mode. Saya gambar lingkaran di sini. Saya tekan enter kalau sudah. Selanjutnya saya ke object mode dan saya kembalikan lokasinya.


Kita bisa lakukan hal yang sama pada bagian-bagian tubuh yang lain. 


Sudah jadi karakter rigging kita. Jadi kita siap buat menganimasikannya. Jadi jangan lupa subscribe karena di video tutorial selanjutnya kita akan menganimasikan karakter kita ini. Kita juga akan bikin dia bicara. Like juga video ini dan tonton video saya yang lainnya. Sampai jumpa. 


Comments

Popular Posts