Tutorial Mudah Gonta-Ganti Ekspresi dengan Frame Picker di Adobe Animate

 Halo, subscriber! Di video ini kita akan belajar bagaimana kita bisa mengganti-ganti ekspresi karakter dengan gampang menggunakan frame picker. Ekspresi yang kita ganti adalah ekspresi mata dan alis karena mata dan alis sangat berpengaruh pada ekspresi karakter. Langsung saja kita mulai tutorialnya.





Saya sudah menyiapkan sebuah graphic symbol berupa gambar kepala yang sudah ada hidung dan rambutnya. Kamu bisa gambar sendiri dengan cara kamu atau kamu bisa tonton tutorial saya sebelumnya tentang cara menggambar kepala. Link ada di sini.


Kalau kepalanya sudah siap, kita akan bikin layer baru buat matanya. Caranya klik new layer, kemudian ganti namanya menjadi mata. Gambar matanya di sini. Kalau sudah, kita akan bikin matanya menjadi symbol grafik. Untuk itu kita klik kanan, dan pilih convert to symbol. Namanya bisa kita ganti menjadi mata. Pastikan tipenya adalah graphics ya. Kalau sudah klik Oke. 


Selanjutnya, kita bisa menggambar alisnya. Sebelum itu, kita harus masuk ke grafik symbol ini. Jadi kita klik dua kali pada matanya. Kalau sudah masuk, kita ganti layernya menjadi mata. Klik dua kali di sini lalu ganti namanya menjadi mata.


Kalau sudah kita buat layer baru dan kita ganti menjadi alis. Kita bisa gambar alisnya. Saya menggambar alisnya menggunakan line tool.


Kita sudah punya satu ekspresi. Ini adalah ekspresi netral. Selanjutnya kita akan menambahkan ekspresi yang lainnya. Mulai dari ekspresi bingung, marah, merem, sampai nangis. Kamu bisa menambahkan sesuai dengan yang kamu mau.


Sekarang kita bikin ekspresi merem dulu. Caranya kita klik kanan di frame kedua. Kemudian kita pilih insert keyframe. Keyframe baru sudah terbentuk. Jadi sekarang kita siap buat bikin dia merem.


Kalau sudah, saya akan membuat ekspresi yang lain. Ekspresi yang mau saya gambar adalah ekspresi marah. Karena saya butuh mata yang sama dengan yang di frame 1, saya bisa tinggal copy keyframe deh. Seleksi keyframe 1 di kedua layer. Klik kanan, pilih copy frames. Kemudian kita seleksi frame ketiga di semua layer. Klik kanan, pilih paste frames. Sekarang kita bisa memodifikasi bentuknya biar terbentuk ekspresi marah. Saya miringkan kedua alisnya seperti ini.


Kita bisa menambahkan beberapa ekspresi lain sesuai dengan kebutuhan. Kita sudah siap buat menganimasikan ekspresinya. Jadi kita keluar dari symbol mata dan kembali ke scene 1. Klik scene 1. 


Klik matanya. Selanjutnya kita pergi ke properties. Pada looping, kita ganti options-nya menjadi single frame. Ini langkah yang penting, ya. Jadi jangan dilewati!


Klik juga use frame picker. Ini adalah fitur yang tidak ada di adobe flash. Tapi kalau kamu menggunakan flash, kamu nanti bisa mengganti angka first ini.


Biar lebih bagus animasinya, saya akan menambahkan audio atau suara. Jadi saya tambahkan layer baru dan saya ganti namanya menjadi audio. Layer ini nantinya akan digunakan sebagai tempat suaranya.


Karena saya belum punya suaranya, saya mau merekam suara terlebih dahulu. Saya gunakan Audacity. Saya rekam dengan klik ini. Kalau sudah saya simpan di folder yang saya inginkan. Selanjutnya, saya seret audio yang baru saya rekam ke library. Kita bisa periksa audio kita dengan cara klik ini. Seret audio ke sini buat memasukkan audio. 


Saya punya audio sepanjang 8 detik. Jadi saya akan menambahkan frame sepanjang 8 detik biar audionya bisa berjalan. Caranya kita pergi ke detik kedelapan. Klik kanan, lalu pilih insert frame.


Nanti akan muncul gelombang suara di layer audio. Sekarang kita animasikan.


Sebelum itu, saya mau menyambungkan layer mata dan kepala menggunakan fitur layer parenting. Ini tidak wajib ya. Kamu bisa mempelajari pengertian dan kegunaan layer parenting di video saya sebelumnya. Link ada di sini. Buat menyambungkan, kita buka layer parenting dengan cara klik di sini. Kemudian kita sambungkan layer mata dengan kepala.


Saya juga mau menambahkan classic tween karena nanti saya juga akan menganimasikan pergerakan kepalanya bersama dengan mata dan alisnya. Jadi saya seleksi frame mana saja di kedua layer seperti ini, kemudian klik kanan dan pilih create classic tween. Nanti frame-nya akan berubah warna menjadi ungu dengan titik-titik seperti ini.


Sekarang kita bisa animasikan ekspresinya. Kita tinggal tentukan kapan dia berganti ekspresi. Misalkan di frame 21. Kita klik frame 21 di layer mata. Kemudian klik kanan dan pilih insert keyframe. Kita ke frame picker dan kita tentukan ekspresi mana yang mau kita pilih. Saya pilih yang merem ini. Kemudian dia buka lagi matanya. Kalau merem selamanya meninggal dia. Jadi di frame sini saya klik kanan lagi dan saya pilih insert keyframe lagi. Kemudian saya ganti ekspresinya ke netral. Jadi klik yang ini.


Kita ganti-ganti ekspresinya, ya biar bagus.


Kalau sudah, kita akan menganimasikan kepalanya biar tidak diam saja.


Selanjutnya, kita bisa menambahkan mulutnya biar ada animasi bicara. Kamu bisa belajar cara membuat animasi bicara dengan cara menonton video tutorial saya sebelumnya. Link ada di sini.


Sudah jadi, deh animasinya. Mudah bukan? Mudah, dong. Jadi, like video ini, komen, share, dan tonton juga video saya yang lainnya, ya. Subscribe juga! Sampai jumpa!


Comments

Popular Posts